Indonesia Kutuk Penyerangan Majalah Charlie Hebdo

Covesia.com – Pemerintah Indonesia mengutuk serangan oleh sekelompok orang bersenjata terhadap bangunan dan karyawan majalah mingguan Charlie Hebdo di Prancis, yang mengakibatkan tewasnya 12 orang.

Pemerintah Indonesia mengucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya kepada pemerintah dan rakyat Prancis, khususnya terhadap keluarga para korban.

“Pemerintah Indonesia menegaskan bahwa tindak kekerasan apapun tidak dapat dibenarkan,” bunyi sikap Pemerintah RI sebagaimana dikutip situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kamis (8/1/2015).

Menurut Kemlu, pemerintah Indonesia mendukung upaya pemerintah Prancis menangkap dan mengadili para pelaku.

Pemerintah Indonesia menghimbau kepada segenap warga negara Indonesia yang berada di Prancis untuk dapat menghindari tempat-tempat keramaian, dan menghubungi perwakilan Indonesia (KBRI Paris dan KJRI Marseille) yang berada di wilayah masing-masing sekiranya membutuhkan bantuan.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah pria bersenjata meneriakkan slogan-slogan Islam menyerbu kantor koran Charlie Hebdo di Paris. Mereka dipersenjatai dengan senapan serbu AK-47 dan peluncur granat.

Pemimpin Redaksi Mingguan itu, Stephane Charbonnier, dan tiga kartunis termasuk di antara mereka yang tewas dalam serangan itu.

Aksi tersebut sebagai bentuk balasan karena sebelumnya, majalah itu telah menarik kontroversi dengan menerbitkan kartun satir Nabi Muhammad SAW, suatu yang tabu bagi ummat Islam.

(lif)

0 Comments

Leave a Comment

15 − 12 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password