Warga Indonesia di Paris Diminta Waspada

Covesia.com – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris meminta kepada seluruh masyarat Indonesia baik para pelajar maupun turis Indonesia yang sedang berlibur di Paris agar meningkatkan kewaspadaan.Imbauan itu disampaikan sehubungan dengan terjadinya serangan teroris di kantor media Charlie Hebdo di Paris.

Atase Politik KBRI Paris Minister ConseillerArifi Saiman mengatakan ia juga telah melakukan komunikasi dengan polisi Paris untuk mencari tahu apa ada korban dari kalangan WNI. “Alhamdulillah tidak ada korban dari WNI,” ujarnya.

Dikatakannya Pemerintah Perancis telah menetapkan situasi siaga/waspada keamanan Alerte Attentat (tingkat tertinggi) untuk Wilayah Ile-de-France, setelah terjadinya serangan bersenjata yang mengakibatkan korban jiwa masyarakat sipil dan polisi Perancis di Kantor Tabloid Charlie Hebdo, Paris, Rabu (7/1).

“Sehubungan dengan hal tersebut, bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili atau sedang berada di Paris dan sekitarnya (Ile-de-France) kiranya agar meningkatkan kewaspadaan dan senantiasa berhati-hati saat berada di sekitar kantor media, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, tempat wisata, transportasi umum, dan tempat keramaian lainnya,” ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah pria bersenjata meneriakkan slogan-slogan Islam menyerbu kantor koran Charlie Hebdo di Paris. Mereka dipersenjatai dengan senapan serbu AK-47 dan peluncur granat.

Pemimpin Redaksi Mingguan itu, Stephane Charbonnier, dan tiga kartunis termasuk di antara mereka yang tewas dalam serangan itu.

Aksi tersebut sebagai bentuk balasan karena sebelumnya, majalah itu telah menarik kontroversi dengan menerbitkan kartun satir Nabi Muhammad SAW, suatu yang tabu bagi ummat Islam.

(lif)

0 Comments

Leave a Comment

seventeen − 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password