Dua Kapal Jepang Akan Tinggalkan Selat Karimata

Covesia.com – Dua kapal Jepang yang ikut membantu pencarian pesawat AirAsia QZ 8501 akan meninggalkan lokasi pencari pesawat tersebut Jumat (9/1/2015). Menurut Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) F Hendry Bambang Soelistyo kedua kapal tersebut akan kembali ke Jepang besok setelah ikut membantu proses pencarian AirAsia.

“Mulai besok dua kapal Jepang akan meninggalkan misi area sehingga sedikit demi sedikit kekuatan dari luar akan kita kurangi,” katanya, Kamis (8/1/2015).

Bambang Soelistyo menyebutkan penarikan kapal tersebut dilakukan berdasarkan analisis dalam proses evakuasi, sehingga kekuatan pencarinya tidak berlebihan. Namun tim tetap memperhitungkan efektifitas dan kondisi dilapangan dan nantinya pelan-pelan bantuan dari luar akan berkurang.

“Kapal tersebut JS Ohnami dan JS Takanami yang berada di bawah komando Divisi Keenam Pasukan Bela Diri Laut Jepang (JMSDF). Dan mereka telah ada di Selat Karimata sejak Sabtu (3/1/2015),”jelasnya.

Kapal yang berjenis penghancur ini sebelum menuju peraian Indonesia untuk membantu operasi pencarian dan evakuasi AirAsia, kedua kapal berpatroli di wilayah perairan Afrika. Selama Pencarian AirAsia, Keduanya berhasil menemukan jaket penyelamat dan satu jenazah.(ant/utr)

0 Comments

Leave a Comment

20 − 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password