Akhirnya, Salah Seorang Pelaku Penembakan Majalah Charlie Hebdo Menyerahkan Diri

Covesia.com – Pascaserangan penembakan terjadi, salah satu dari tiga pelaku penembakan terhadap majalah mingguan Charlie Hebdo akhirnya menyerahkan diri, setelah mendengar namanya beredar luas di jejaring media sosial.

Dokumen kepolisian menyebutkan, para pelaku adalah Said Kouachi (kelahiran 1980), Cherif Kouachi (kelahiran 1982) dan Hamyd Mourad (kelahiran 1996).

Petugas di kantor penuntut mengatakan, pelaku termuda menyerahkan diri ke kantor polisi di Charleville-Mezieres, sekitar 230 timur laut dari Paris, dekat perbatasan Belgia.

Kepolisian Perancis masih mengejar dua pelaku lainnya. Ketiga pelaku kabur dengan mobil setelah menembak mati beberapa kartunis Prancis dan juga dua polisi.

Kepolisian Prancis juga telah menyebarkan dokumen yang menyebutkan mereka dicari karena terlibat serangan Charlie Hebdo. Selain itu, foto kedua pelaku juga disebar dan menyebut mereka “bersenjata dan berbahaya”.

Menurut seorang sumber, polisi anti-terorisme mencari mereka di tempat yang berkaitan dengan para pelaku, yaitu Reims, Strasbourg dan Paris.

Cherif Kouachi sebelumnya pernah diadili karena kasus terorisme dan dihukum 18 bulan penjara.Ia didakwa berkaitan dengan perusahaan teroris pada 2005.

Dalam rekaman video, salah seorang pelaku meneriakkan “Allahu Akbar!” bersamaan dengan suara tembakan. Pelaku lainnya melewati seorang polisi yang terbaring di jalan dan menembaknya sebelum kedua pelaku naik ke mobil hitam dan kabur.

Pelaku ketiga tidak terlihat dalam video tersebut dan tidak jelas apakah ia terlibat langsung dalam serangan.
Pemerintah Prancis memperketat pengamanan dengan menjaga pusat transportasi, rumah ibadah, kantor media dan pusat perbelanjaan.

Beberapa warga Paris mengaku takut terhadap efek serangan tersebut pada hubungan bermasyarakat di Prancis. Prancis memiliki populasi muslim terbesar di Eropa.(job/ant)

0 Comments

Leave a Comment

1 × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password