PSDKP Tual Tangkap Kapal Pengangkut Ikan Berbendera Panama

Covesia.com – Tim Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan (PSDKP) Tual, berhasil menangkap kapal berbendera Panama yang mengangkut ikan (fish carrier) di perairan Wanam, Papua, Kamis (8/1/2015).

Menurut Kepala PSDKP Muchtar A Pi, penangkapan ini dipimpin oleh Djoko Prasetyo yang merupakan Kepala PSKP Kimaan di Wanam.

“Kapal ini bernama MV. Hai Fa yang berbobot 4.306 GT. Berdasarkan data kita, nahkodanya bernama Zhun Nian Le dan terdiri dari 23 anak buah kapal (ABK) yang berkebangsaan Cina,”jelasnya.

Kapal yang bermuatan ikan campuran dan udang beku sebanyak 900.702 ton ini, sebelumnya dilaporkan melakukan kegiatan muat ikan milik PT. Avona Mina Lestari pada (19/12/2014) lalu. Kemudian pada (22/12/2014) kapal tersebut berangkat menuju Wanam Kimaan tanpa Surat Laik Operasi (SLO) dari Pengawas Perikanan Satker PSDKP.

“Kemudian, kita pantau posisi kapal, namun kapal tersebut sempat mematikan transmitter VMS.

Akhirnya 26 desember lalu kita dapati kapal tersebut berlabuh di Wanam dan Pengawas Perikanan Satker PSDKP Kimaan bersama LPPMHP, Imigrasi, Bea dan Cukai, Kesehatan Pelabuhan dan perwakilan perusahaan memeriksa kapal tersebut,”jelasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, ternyata, kapal tersebut milik PT. Antarticha Segara Line bukan milik PT. Avona Mina Lestari nomor SIKPI-NA20.14.0001.02.42482 berlaku hingga tanggal 6 Februari 2015.

“Untuk penanganan lebih lanjut, kita serahkan kapal tersebut kepada KRI John Lie yang dinahkodai Kolonel Laut Antonius Widyoutomo untuk dibawa ke Ambon,”tambahnya. (ant/utr)

0 Comments

Leave a Comment

sixteen − four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password