Kemenlu Segera Bentuk Satgas Diplomasi Ekonomi

Covesia.com – Kementerian Luar Negeri akan membentuk satuan tugas (Satgas) diplomasi ekonomi untuk memfasilitasi tindak lanjut kegiatan diplomasi ekonomi Indonesia di luar negeri.

“Kita akan bentukTask Force (Satgas) diplomasi ekonomi yang dikoordinir oleh Wakil Menteri Luar Negeri,” kata Retno LP Marsudi Menteri Luar Negeri, Kamis(8/1/2015).

Retno menyebutkan satgas tersebut akan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait guna memastikan bahwa peluang bisnis, kerja sama pembangunan dan kesepakatan-kesepakatan ekonomi dengan negara lain dapat segera ditindaklanjuti.

Menurutnya diplomat-diplomat Indonesia di luar negeri akan menjalankan diplomasi ekonomi degan negara lain yang berfungsi sebagai pemasar.

“Para diplomat secara terus menerus akan diminta untuk menjadi marketers(pemasar) bagi Indonesia. Untuk memahami karakter pasar, diplomat harus turun ke lapangan,” jelasnya.

Dia juga menambahkan diplomasi ekonomi Indonesia akan difokuskan pada upaya untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan konektivitas.

“Pembangunan deep sea ports(pelabuhan laut dalam) dan pengembangan power plants(pembangkit listrik) merupakan beberapa bidang yang dapat dikerjasamakan dengan pihak asing,” tambahnya.(ant/utr)

0 Comments

Leave a Comment

20 + 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password