13 Jenazah ABK Kapal Oryong 501 Tiba di Indonesia

Covesia.com –Tiga belas jenazah ABK WNI yang menjadi korban tenggelamnya Kapal Oryong 501 milik Korea Selatan tiba di Jakarta pada hari Jumat (9/1/2015) dengan menggunakan pesawat kargo Korean Air yang tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta pukul 02.50 WIB dini hari.

Dalam situs resmi Kementrian Luar Negeri Indonesia, disebutkan ketiga belas jenazah diterima secara langsung oleh Menteri Luar Negeri RI dari Wakil Duta Besar KBRI Seoul dan telah diserahterimakan kepada Perwakilan Pemerintah Daerah asal masing-masing Hadir pula dalam acara serah terima tersebut perwakilan dari para pemangku kepentingan terkait antara lain: Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, BNP2TKI, Disaster Victim Identification (DVI) Polri, Direktorat Jenderal Bea Cukai, Otoritas Bandara Soekarno-Hatta, dan Garuda Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan belasungkawa yang mendalam terhadap seluruh ABK Indonesia yang menjadi korban dalam insiden tenggelamnya kapal Oryong 501. Menteri Luar Negeri juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan terkait yang telah mendukung proses identifikasi dan pemulangan ketiga belas jenazah ABK WNI ke Indonesia. Dalam sambutan, Menlu juga tegaskan komitmen Pemri untuk terus mengawal proses lanjut setelah jenazah kembali ke daerah asal masing-masing yaitu memastikan hak-hak korban terpenuhi.

Selain dari ketiga belas jenazah tersebut, terdapat 3 jenazah ABK WNI korban tenggelamnya Kapal Oryong 501 lainnya yang rencananya akan dipulangkan ke Indonesia pada hari yang sama, dengan menggunakan Korean Air KE627 yang akan tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta pukul 20.30 WIB.

Pemulangan ketiga jenazah tersebut tidak dilakukan secara bersamaan dengan 13 jenazah lainnya karena proses identifikasi yang masih memerlukan waktu. Pemerintah RI telah mengirimkan 3 orang anggota Tim DVI Polri ke Busan, Korea Selatan, untuk secara langsung mendukung proses identifikasi yang dilakukan oleh Tim Forensik National Forensic Service Korea Selatan. (cal)

0 Comments

Leave a Comment

fifteen − three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password