KNKT Ajarkan TNI AL Tata Cara Membuka “Blackbox”

Covesia.com – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengajari tiga penyelam TNI Angkatan Laut tentang tata cara menyelamatkan “blackbox” Pesawat AirAsia QZ8501.

Setelah memberitahukan posisiblackboxdi pesawat, KNKT juga mengajarkan para penyelam mengenai cara masuk dan mengeluarkan blackbox dari tempatnya sehingga dapat diangkat ke atas kapal tanpa mengalami kerusakan saat di periksa di laboratorium.

Invetigator KNKT Indonesia, Nurcahyo Utomo menjelaskan posisiblackboxpesawat AirAsia berada di sebelah kanan atas dari ekor pesawat.

“Blackbox pesawat berada di sebelah kanan atas dan dapat dibuka dengan tangan, namun bukan berarti mudah terlepas. Kira-kira sama seperti keran air,” ujar Cahyo, Jumat (09/01/2015).

Nurcahyo mengatakan, hal yang perlu diantipasi saat ini adalah kerapuhan memori modul akibat terlalu lama terendam air laut. ia juga menambahkan bahwa “pinger” dan kotak tempat tempat memori modul pesawat merupakan dua hal yang berbeda. Pinger hanya untuk menunjukkan lokasiblackbox, sedangkan memori modul merekam.

“Pastinya kita telah memberitahu posisiblackboxdi pesawat dan cara membukanya,” imbuhnya.

(ant/peb)

0 Comments

Leave a Comment

two × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password