FAA Izinkan Penggunaan Pesawat Tak Berawak untuk Bisnis

Covesia.com – Drone (pesawat tak berawak) semakin popular di masyarakat. Namun, penggunaannya masih menjadi perdebatan karena belum banyak negara yang telah mengatur penggunaan Drone dalam sebuah Undang-Undang.

Meskipun demikian, Federasi Penerbangan Amerika (FAA) secara resmi telah memberikan izin kepada dua operator Drone untuk tujuan bisnis. Selama ini, di Amerika Serikat (AS) Drone hanya boleh digunakan dalam bidang pertanian.

Dilansir Covesia dari situs resmi Federal Aviation Administration, Jumat (9/1/15) kedua operator tersebut adalah Tierra Antigua Realty dan Advanced Aviation Solution yang berbasis di Washington. Operator Tierra Antigua akan memroduksi fotografi real estate sedangkan Advanced Aviation Solutio akan beroperasi di bidang pertanian untuk melakukan scouting tanaman dan melakukan pengukuran fotografi dari atas.

Sebelum dilegalkan, ada syarat khusus yang harus dipenuhi operator untuk mendapatkan izin FAA, seperti adanya pengendali Drone dan pemantau udara yang memiliki sertifikat keahlian dan medis. Selain itu, penggunaan Drone hanya dapat diterbangkan dalam garis pandang.

Selain dua izin khusus ini, pada bulan September 2014, enam perusahaan Hollywood telah menggunakan Drone dalam memproduksi film. (osd/utr)

0 Comments

Leave a Comment

13 + eleven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password