Pipa Gas Metan di Cianjur Meleleh

Covesia.com – Sejumlah pipa gas metan yang terpasang di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Pasir Sembung, Cianjur, Jabar, mulai meleleh karena tidak tahan dengan gas yang ditimbulkan dari tumpukan sampah.

Kasi Bina Usaha Pengelolaan Sampah TPAS Pasirsembung Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Cianjur, Feri Faisal, mengatakan, setelah empat bulan dilakukan pemasangan pipa gas metan, mulai meleleh karena tidak kuat menahan gas metan dari tumpukan sampah.

“Padahal bahan pipa itu khusus limbah dengan ketebalan 1,5 sentimeter. Sebagian pipa sudah meleleh, mungkin tidak kuat menahan panas gas metan,” katanya.

Hal tersebut diduga masih kurangnya cerobong pipa untuk mengeluarkan gas metan yang saat ini hanya ada sebanyak 55 batang pipa dan empat cerobong.

Meskipun pipa tersebut meleleh, tidak akan berbahaya dan tidak akan menimbulakn kebakaran karena sudah ditanggulangi sejak jauh hari. Hanya pipa gas metan perlu di tambah dan dipasang di bagian Barat dan Timur, katanya.

“Rencananya tahun ini akan kami lakukan penambahan pipa untuk mengeluarkan gas metan dari tumpukan sampah, namun belum sampah tahap pengelolaa menjadi nilai ekonomis,” katanya.

(ant/lif)

0 Comments

Leave a Comment

five × 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password