Jadi BUMDes Terbaik, Menteri Marwan Blusukan ke Pagedangan

Covesia.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menjalankan blusukan pertamanya di tahun 2015 ke Desa Pagedangan di Tangerang, Banten, Jumat (9/1/2015). Pasalnya, di kampung itu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi yang terbaik di provinsi tersebut.

“Saya ingin melihat dan belajar kepada Kades dan Camat. Katanya di sini ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) juga. Karena itu, saya ingin memang agar desa-desa punya BUMDES. Ini yang akan memajukan desa,” kata Menteri Marwan dalam siaran pers yang diterima covesia.

Dalam blusukannya, Menteri Marwan meninjau berbagai pembangunan yang telah dilakukan desa ini. Salah satunya menuju puluhan rumah warga yang mendapat bantuan. Kepada warga, Menteri Marwan menanyakan manfaat bantuan yang masuk dalam program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).

Kepada warga, Marwan menyampaikan kabar baik bahwa dana desa akan keluar pada April nanti. Dia juga sekaligus ingin mengecek kesiapan perangkat desa menerima Dana Desa. “Nanti bertahap. penggunaannya sesuai dengan kriteria desanya masing-masing. Dana desa itu untuk membantu. Kami menyadari betul bantuan yang ada selama ini kurang. Ini stimulus juga untuk membuat BUMDes yang lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Marwan juga mendatangi tempat pembuangan sampah terpadu (TPST). Di lokasi ini, Marwan menemukan sistem pembuangan tempat sampah yang bisa menampung 500 sampai 1000 sampah kepala rumah tangga. Di lokasi itu ada kantor yang mengelola sampah yang bisa didaur ulang untuk dijadikan kerajinan dan dijual kepada masyarakat.

Melihat kemajuan Desa Pegdangan, Menteri Marwan memberikan apresiasi, apalagi desa ini jadi desa satu-satunya yang punya BUMDES di Kabupaten Tangerang. “Saya berharap, Kades melihat potensi apalagi yang akan dikembangkan. Pelayanan sudah on-line juga katanya. Nanti komunikasi terus dengan saya lewat on-linee. Bapak bisa langsung mengeluh atau menyampaikan papun saja kepada kami,” paparnya. (*/anr/zik)

0 Comments

Leave a Comment

twelve − 7 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password