Ignasius Jonan: Lion Air Peringkat Teratas Pelanggaran Rute Izin Terbang

Covesia.com – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, mengatakan Maskapai Lion Air, sebagai maskapai penerbangan dengan kasus pelanggaran tertinggi di Indonesia saat ini.

Ignasius menjelaskan dari 61 kasus pelanggaran izin terbang yang terdata oleh Tim Investigasi Departemen Perhubungan, 4 hari terakhir, maskapai milik Rusdi Kirana, yang juga Wakil Ketua PKB, LionAir telah melakukan 35 kasus pelanggaran izin penerbangan.

“Kita sudah data, ada pelanggaran di 5 kota besar yang kita dapat. Semua rute domestik, rute dalam negeri, di antara 6 maskapai, Lion Air yang paling banyak melanggar,” ucap Ignasius, Jum’at (9/1/2015) sore di Kantor Pusat Kementrian Perhubungan Jakarta Pusat.

Ia menjabarkan selain Lion Air yang melakukan 35 pelanggaran, Wings Air menyusul dengan 15 pelanggaran, kemudian Garuda Indonesia 4 pelanggaran, dan Trans Nusa 1 pelanggaran, terakhir Maskapai milik Menteri Kelautan dan Perikakan, 3 kasus pelanggaran.

Menyikapi hal tersebut, Kemenhub menurut Ignasius telah melakukan tindakan tegas. Hari ini Kemenhub membekukan rute 6 maskapai tersebut. Hal itu demi membuat efek jera bagi maskapai penerbangan, agar tidak berbuat menyalahi aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya tunggu pimpinan maskapai terkait datang dan urus kekurangan mereka. Kalau ada yang keberatan, silahkan telepon saya, akan saya jawab anda,” ujar Ignasius.

Tindakan tegas Kemenhub tersebut, menurut mantan Dirut PT KAI adalah tindak lanjut dari permintaan Presiden RI Joko Widodo. Hal tersebut menurut Ignasius adalah upaya Kemenhub memajukan dan membawa perubahan sistem penerbangan menjadi yang lebih baik.

“Saya paham ini akan berdampak bagi bisnis penerbangan kita, tapi demi perubahan, harus kita lakukan,” tandasnya. (pjr/bim)

0 Comments

Leave a Comment

4 + nineteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password