Garuda Indonesia Satukan Sejumlah Rute Penerbangan

Covesia.com – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menyatukan rute penerbangan Makasar-Medan-Jeddah menjadi satu nomor penerbangan. Sebelumnya, Kementrian Hubungan (Kemenhub) menghimbau Garuda Indonesia agar menyatukan rute penerbangan tersebut.

Vice President Corporate Communications PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Pujobroto, menjelaskan bahwa sebelumnya rute dengan dua nomor penerbangan itu dinilai melanggar perizinan oleh Kemenhub.

“Berdasarkan pemberitahuan Kemenhub, ada empat penerbangan Garuda yang melanggar ketentuan perizinan,” jelas Pujobroto, Sabtu (10/01/2015).

Pujobroto juga mengungkapkan bahwa keempat penerbangan tersebut, antara lain sektor Makassar-Medan sebagai GA-626 dan sektor Medan-Jeddah sebagai GA986. Kemudian, sektor-Jeddah-Medan sebagai GA-987.

“Berikutnya, sektor Medan – Makassar sebagai GA-627,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sesuai izin yang diberikan Kemenhub, maka pada tanggal 16 Desember lalu Garuda Indonesia telah melayani penerbangan tersebut dengan dua nomor penerbangan. Lalu, Garuda Indonesia mengajukan permohonan perubahan untuk menjadi satu nomor penerbangan internasional.

“Salah satunya dari Makassar – Medan – Jeddah dengan nomor penerbangan GA-986/GA-987 dan efektif tanggal 1 Januari 2015,” katanya.

Meski demikian, hingga tanggal 9 Januari Kementerian Perhubungan menemukan bahwa Garuda masih melaksanakan penerbangan rute Makassar-Medan-Jeddah dengan nomor penerbangan GA-626 dan GA-986.

“Selain itu, Jeddah-Medan-Makassar dengan nomor penerbangan GA987 dan GA 627,” katanya.

Ia juga menambahkan, dengan adanya pelanggaran dari Kemenhub maka Garuda Indonesia segera melakukan langkah perbaikan. Pihaknya optimistis tindakan tersebut sesuai izin dan persetujuan yang diberikan Kemenhub.

“Lalu penerbangan tersebut beroperasi dengan satu nomor penerbangan yaitu GA 986 (rute Makassar-Medan-Jeddah) dan GA 987 (rute Jeddah-Medan-Makassar),” imbuhnya. (ant/peb)

0 Comments

Leave a Comment

14 − three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password