Desolenator, Penyaring Air dengan Tenaga Surya

Covesia.com – Suatu hari pasokan air bersih diperkirakan tidak lagi sebanding dengan populasi makhluk hidup, sehingga cadangan air bersih akan semakin menipis. Untuk itu, banyak pengembang yang memulai produk inovatif untuk mendaur-ulang air (desalinasi). Namun, usaha desalinasi ini biasanya membutuhkan banyak biaya dan boros energi.

Karena itu, sebuah pihak pengembang menciptakan produk baru yang dinamakan Desolenator. Alat pendaur-ulang air ini dapat digunakan dengan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan sistem lainnya. Desolenator yang dapat menyediakan sekitar 15 L air per hari ini berukuran seperti televisi dengan sebuah panel surya di bagian atasnya.

“Desolenator ini adalah yang terbaik dengan keunggulan mudah digunakan dan dibawa ke tempat lain, berbiaya rendah, tanpa mengambil listrik di rumah Anda. Sistem desalinasi dengan tenaga cahaya matahari ini yang dapat membuat berbagai jenis air, termasuk air laut agar layak diminum,” rilis pengembang yang dilansir Covesia dari situs resmi desolenator, Sabtu (10/01/2015).

Perangkat ini diklaim lebih baik daripada sistem desalinasi tradisional yang mengandalkan reverse osmosis. Reverse osmosis adalah teknik penggunaan lapisan khusus yang dapat menyaring partikel-partikel yang tidak diinginkan.

Perangkat desolenator ini menggunakan panel fotovoltaik untuk mengonversi sinar matahari menjadi listrik. Dengan adanya energi listrik, air akan dipanaskan. Kemudian, uap dikumpulkan dan disuling menjadi air bersih. Lalu, air bersih ini akan dialirkan ke wadah khusus.

Untuk membiayai proyek senilai 150.00 USD ini, pihak pengembang telah memulai kampanye IndieGoGo untuk mengajak orang lain berinvestasi untuk memproduksi Desolenator. Rencananya, alat ini akan dirilis pada Oktober tahun ini. (osd/peb)

0 Comments

Leave a Comment

four × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password