DPR RI Dukung Rencana Pemekaran Provinsi Kalimantan Tengah

Covesia.com – Wacana pemekaran Provinsi Kalimantan Tengah untuk wilayah barat menjadi Provinsi Kotawaringin Raya sangat didukung oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia.

“Dengan pemekaran daerah maka dapat memicu peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di suatu daerah,” kata anggota Komisi II, DPR RI, Willy M Yoseph, di Kuala Pembuang, Sabtu, (10/12/2015).

Willy M Yoseph, yang juga mantan Bupati Kabupaten Murung Raya periode 2003-2013 mengatakan, dengan adanya pemekaran maka dapat membuka berbagai macam peluang lapangan kerja dan ekonomi baru, khususnya bagi daerah-daerah yang dinilai memiliki potensi daerah melimpah seperti Kabupaten Seruyan.

“Saya orangnya pro pemekaran. Karena dengan pemekaran, di situ bisa terbuka peluang lapangan kerja dan mengangkat usaha atau perekonomian baru, apabila digarap serius bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Meski demikian, ia mengungkapkan, tidak semua daerah pemekaran baru dapat langsung berhasil mengembangkan daerahnya, hal itu tergantung dari sumber daya manusia (SDM), akan tetapi, semua itu dapat diatasi dengan melakukan pembinaan, baik itu pembinaan dengan cara pelatihan-pelatihan atau studi banding ke daerah lain.

“SDM ini penting selain dari sumber daya alam (SDA) daerah, SDM ini harus memiliki integritas tinggi dalam upayanya mengabdi dan mengembangkan daerah,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir berharap agar wakil rakyat perwakilan Kalteng di pusat dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat dari Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Seruyan, Lamandau dan Sukamara untuk membentuk provinsi sendiri lepas dari Kalimantan Tengah.

“Semoga semua aspirasi dari masyarakat daerah pemekaran dapat direalisasikan oleh pihak DPR RI, sehingga semua sumber daya yang ada dapat dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat pada masa yang akan datang,” ungkapnya.(job/ant)

0 Comments

Leave a Comment

13 − 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password