Basarnas tidak Temukan Korban Pesawat AirAsia Hari Ini

Covesia.com – Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) F Henry Bambang Soelistyo mengatakan tidak ada penambahan korban pesawat AirAsia yang ditemukan pada hari ini.

“Hari ini kita tidak membuahkan hasil dalam pencarian korban pesawat,” ungkap Soelistyo di kantor Basarnas Pusat, Jakarta, Sabtu (10/1/2015) sore.

Lebih lanjut ia meminta maaf kepada para keluarga karena belum dapat menemukan korban lain dalam operasi pencarian hari ke-14 ini. “Kita akan segera mengonfirmasi apabila ada tambahan korban ditemukan,” kata ia.

Namun, Soelistyo juga menjelaskan tambahan korban yang kemudian ditemukan akan secepatnya dievakuasi.

Sebelumnya, tujuh jenazah yang berada di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, telah dibawa ke Surabaya pada Jumat, pukul 18.38 WIB dengan menggunakan pesawat CN 295. Hingga operasi pencarian hari ke-13 (9/1), tim gabungan SAR telah menemukan sebanyak 48 korban pesawat AirAsia QZ8501.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI Jenderal Moeldoko atas keberhasilannya mengangkat ekor pesawat AirAsia QZ-8501. “Pada kesempatan ini, saya ucapkan terima kasih karena ekor sudah diangkat,” kata Soelistyo.

Sebelumnya, ekor pesawat yang telah ditemukan sejak Rabu (7/1) diangkat ke permukaan laut menggunakan lifting bag (balon udara) yang diikatkan pada badan ekor pesawat tersebut.

Operasi pengangkatan ekor yang dipimpin Panglima TNI Jenderal Moeldoko ini menghadapi berbagai kendala, yakni terbatasnya jarak pandang di laut serta kuatnya arus dasar laut yang dapat membahayakan kegiatan penyelaman Tim SAR.

Meskipun masalah tersebut membuat proses pengangkatan ekor pesawat tertunda sejak Rabu lalu, Tim SAR gabungan kemudian berhasil mengangkat ekor pesawat AirAsia QZ8501 dari dasar Selat Karimata, Kalimantan Tengah pada hari ini, sehingga saat ini ekor pesawat sudah dikeluarkan dari permukaan laut dan diberikan pada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Operasi pengangkatan ekor yang berhasil dilakukan Panglima TNI Jenderal Moeldoko merupakan kegiatan menonjol pada hari ini,” ujarnya. (bim/ant)

0 Comments

Leave a Comment

four × 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password