Kemilau ‘Bintang’ Sang Mantan Ajudan Presiden

Covesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawan sebagai calon Kapolri pengganti Jenderal Sutarman. Penunjukan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri itu tinggal menunggu persetujuan dan pengesahan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sebelumnya ada sembilan nama calon Kapolri yang diusulkan kepada Presiden Jokowi.

Nama Budi Gunawan dikenal sebagai orang yang selalu berada dibelakang layar dalam menyusun visi misi beberapa Kapolri dalam pembenahan internal Polri. Dengan ditunjukannya sebagai calon Kapolri, sudah saatnya Budi menerapkan visi misi tersebut untuk perbaikan dan perubahan institusi kepolisian. “Dia (Budi Gunawan) banyak membuat visi misi sejumlah Kapolri termasuk konsep-konsep perubahan Polri. Sekarang sudah saatnya dia menjadi Kapolri,” kata Ketua Presidum Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane.

Selama bertugas, Budi Gunawan merupakan lulusan terbaik Akademi Polisi (Akpol) 1983 pernah mengemban berbagai jabatan penting di Polri. Karirnya sebagai perwira menengah (pamen) Polri dengan pangkat Komisaris Besar (Kombes) terus menanjak setelah menjadi ajudan Presiden RI di masa pemerintahan Megawati pada 2001-2004.

Setelah menjadi ajudan, Budi mendapat promosi dan kenaikan pangkat menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen). Jabatan bintang satu yang diembannya pertama kali adalah Kepala Biro Pembinaan Karyawan (Karo Binkar) Mabes Polri. “Saat itu ia termasuk jenderal bintang satu yang termuda di lingkungan Polri,” kata seorang perwira menengah (pamen) di kepolisian yang tak mau disebutkan identitasnya kepada covesia.com, Sabtu (10/1/2015).

Selanjutnya, Budi menjabat Kepala Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) Polri yang berada dibawah Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol). “Setelah itu ia menjabat sebagai Kapolda Jambi sekitar tahun 2008,” kata sumber tersebut.

Sumber tersebut melanjutkan, tak lama meninggalkan jabatan sebagai Kapolda Jambi, Budi Gunawan naik pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen). Jabatan bintang dua yang pertama kali diembannya adalah Kepala Divisi Pembinaan Hukum (Kadiv Binkum) Polri. Setelah itu Budi menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) hingga dipercayakan menjabat Kapolda Bali pada 2012.

Usai menjabat Kapolda Bali, karir pria kelahiran Surakarta, 11 Desember 1959 itu semakin menanjak. Pangkatnya juga naik menjadi Komjen. Bintang tiga di pundaknya itu diperoleh setelah Budi Gunawan diangkat menjadi Kepala Lemdikpol sejak tahun 2012 hingga sekarang. (hat)

0 Comments

Leave a Comment

6 + one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password