Kapolda Papua: Hidup atau Mati, Ayub Weker Akan Kita Tangkap

Covesia.com – Kapolda Papua, Irjen Pol Yotje Mende menginstruksikan seluruh pasukan keamanannya untuk fokus memburu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Ayub Weker di Papua. Hal itu sesuai dengan Instruksi Kapolri Jendral Pol Sutarman, sehubungan dengan digelarnya operasi Kontijensi di wilayah Papua.

Dalam operasi yang telah berlangsung dua pekan tersebut, aparat gabungan TNI dan Polri di Papua telah berhasil mengamankan 13 anggota KKB Ayub Weker, serta 116 anggota kelompok West Papua Interest Association (WPIA) di Kabupaten Mimika Papua.

“Operasi kontijensi ini atas perintah langsung Kapolri Jenderal Pol Sutarman. Kami akan tetap menangkap Ayub Waker baik hidup atau mati. Sebanyak 13 orang yang kami tangkap. Kita ketahui juga Ayub Waker dan kelompoknya mereka membawa senjata FN dan Stayer milik anggota Brimob Papua yang tewas di Utikini,” ungkap Yotje, Minggu (11/1/2015).

Diketahui dalam operasi pengejaran KKB Ayub Waker, terjadi aksi baku tembak antara pihak keamanan dan kelompok separatis KKB di Kabupaten Mimika Papua. Sebanyak 2 orang terkena peluru tajam Tim Gabungan TNI Polri di lokasi pengejaran tersebut. Alhasil 13 dari 50 anggota Ayub Waker tertangkap oleh pihak keamanan setempat.

Dalam operasi gabungan ini, Yotje merincikan telah menurunkan sebanyak 1.576 anggota gabungan baik TNI dan Polri. Tujuan utama mereka adalah menumpas habis kelompok KKB Ayub Waker di Tanah Papua.

“Sengaja kita turunkan aparat dalam jumlah yang besar, kelompok Ayub Waker kan ada 50 orang. Dan medan di Timika, Kabupaten Mimika juga terjal tidak mudah,” jelasnya.

Tidak hanya berhenti di Mimika, pihak aparat keamanan juga telah menutup akses jalanan jalan di beberapa kabupaten setempat. Kuat dugaan sementara, pihak Kelompok Kriminal Bersenjata Ayub Waker, tengah menyeberang ke Kabupaten Puncak, Papua.

“Kita juga menurunkan helikopter untuk mengejar mereka. Cepat atau lambat pasti tertangkap. Kita sudah kenal wajah mereka, dan medan gerak mereka juga sudah kita kuasai,” ujarnya. (pjr/bim)

0 Comments

Leave a Comment

sixteen − 12 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password