Moratorium ABK Bukan Solusi Tepat

Covesia.com – Moratorium Anak Buah Kapal (ABK) yang digagas Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron Wahid, mendapat penentangan dari anggota Komisi IX DPR RI, Amelia Anggraini.

Menurutnya, moratorium saat ini bukan solusi yang tepat di tengah masih kurangnya serapan tenaga kerja di dalam negeri. “Itu (moratorium) bukan solusi yang tepat, karena resapan tenaga kerja dalam negeri kurang, makanya ABK mencari keluar negeri,” kata Amelia di Jakarta, Minggu (11/1/2015).

Seharusnya, lanjut Amelia, Pemerintah harus melakukan pembenahan dalam sistem penyaluran tenaga kerja ABK ke kapal-kapal asing, bukan moratorium.

“Selama ini banyak permasalahan ABK yang bekerja di kapal asing. Mulai dari pelanggaran kontrak kerja, jam kerja berlebihan dan minimnya fasilitas yang didapatkan,” jelas politisi Nasdem tersebut.

Amelia meminta pemerintah serius menanggapi permasalahan tersebut. Pembenahan harus dilakukan mulai dari hulu sampai hilir. Begitu juga dengan pembenahan terhadap agen penyalur ABK. (gus/bim)

0 Comments

Leave a Comment

six + 13 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password