Senin Pagi Ini Mahkamah Konstitusi Pilih Ketua Baru

Covesia.com – Mahkamah Konstitusi (MK) RI Senin (12/1/2015) akan memilih ketua baru pengganti Hamdan Zoelva yang habis masa jabatannya 7 Januari 2015.

“Pemilihan ketua MK untuk periode 2015-2017 dimulai pukul 10.00 WIB,” demikian informasi dari Humas MK.

Sebelumnya Presiden Jokowi sudah melantik dua hakim MK yang baru Rabu (7/1/2015) atas nama I Dewa Gede Palguna dan Suhartoyo. Mengutip laman resmi Mahkamah Konstitusi, Senin (12/1/2015), kedua hakim dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 151/P/2014 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim Konstitusi.

Suhartoyo diangkat sebagai Hakim Konstitusi terhitung sejak setelah mengucapkan sumpah sebagai Hakim Konstitusi, setelah sebelumnya dalam SK yang sama Presiden menyatakan memberhentikan dengan hormat Ahmad Fadlil Sumadi dari jabatan Hakim Konstitusi pada 7 Januari 2015.

Suhartoyo merupakan Hakim Konstitusi yang diusulkan oleh Mahkamah Agung untuk menggantikan Hakim Konstitusi Ahmad Fadlil Sumadi yang habis masa jabatannya.

Sementara I Dewa Gede Palguna dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 1/P/2015 diangkat sebagai Hakim Konstitusi terhitung setelah mengucapkan sumpah sebagai Hakim Konstitusi yang diusulkan oleh Presiden, menggantikan hakim Konstitusi Hamdan Zoelva yang berakhir masa baktinya.

Sebelumnya, I Dewa Gede Palguna merupakan dosen hukum tata negara di Fakultas Hukum Universitas Udayana. Sejak kelulusannya dari Program Sarjana Universitas Udayana dan Program Pasca-sarjana Universitas Padjadjaran.

Sementara Suhartoyo, sebelumnya merupakan Hakim Madya Utama Pengadilan Tinggi Denpasar. Setelah kelulusannya dari Program Sarjana Universitas Islam Indonesia dan Program Pasca-sarjana Universitas Tarumanagara. (cal)

0 Comments

Leave a Comment

16 − fifteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password