ChihiraAico, Robot yang Dirancang Mirip Manusia

Covesia.com – Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan Geisha. Geisha yang merupakan gadis seniman (penghibur) tradisional Jepang ini sering dikonotasikan negatif. Namun, sekarang peranan Geisha tidak hanya dilakukan manusia saja, tetapi juga oleh robot.

Robot Geisha yang dinamakan ChihiraAico, ini merupakan kreasi terbaru perusahaan elektronik raksasa, Toshiba. Perusahaan Jepang tersebut telah mendemontsrasikan robot yang didesain mirip seperti manusia itu pada pameran elektronik internasional di Las Vegas pekan lalu.

ChihiraAico diprogram agar dapat bernyanyi, bermain music, manari, dan bertindak sebagai penyambut tamu di rumah sehingga robot ini mampu menciptakan komunikasi nyata dan penuh keramahan dengan ekspresi wajah mirip manusia.

Untuk melakukan serangkaian tugas yang telah diprogramkan, robot ini dilengkapi 43 sensor actuator pada wajah, lengan, tangan, bahu dan bagian tubuh lainnya.

Dilansir Covesia dari situs resmi Toshiba, Senin (12/1/15) robot ini juga dapat mengekspresikan emosi manusia seperti kebahagiaan, marah atau kesedihan dengan akurasi tepat. Bahkan, robot ini memiliki ekspresi realistis wajah manusia dengan kualitas terbaik.

Di masa depan, robot ini bisa saja digunakan sebagai pengasuh, pelayan, dan penyanyi. (osd/utr)

0 Comments

Leave a Comment

four × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password