56 Tewas Akibat Keracunan Minum Bir di Mozambik

Covesia.com – Otoritas lokal Provinsi Tete, Mizambik, mengungkapkan, sedikitnya 56 orang termasuk seorang balita di Mozambik Barat Laut meninggal karena keracunan setelah mengonsumsi bir tradisional yang dikenal sebagai “phombe”.

Carla Mosse, direktur kesehatan untuk provinsi Tete, mengatakan kepada Radio Mocambique bahwa 39 orang masih dirawat pada Minggu setelah menderita keracunan akibat bir jenis yang sama yang menyebabkan kematian pertama pada Sabtu pagi.

Semua korban – termasuk seorang anak berusia dua tahun — menghadiri sebuah pemakaman pada Jumat. Dalam pemakaman tersebut mereka tampaknya meminum bir tradisional yang dibuat dari bekatul, lapor surat kabar Mozambik, A Verdade.

Penyebab pasti keracunan itu masih belum diketahui, namun perempuan yang membuat “phome” dan beberapa anggota keluarganya turut menjadi korban, lapor Radio Mocambique sebagaimana dilaporkan AFP, dilansir covesia.com, Senin (12/1/2015).

“Ini pertama kalinya kami menghadapi tragedi seperti itu,” kata Mosse, yang menambahkan bahwa sampel bir beracun, darah, urin dan cairan lambung sudah diambil dan dikirim ke ibu kota Maputo dan Afrika Selatan untuk dianalisis.

Pemerintah Mozambik mengumumkan tiga hari berkabung nasional dalam sebuah dekret yang dipublikasikan pada Minggu malam.

(ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

12 − ten =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password