Solidaritas untuk Paris, 25.000 Orang Pawai di Montreal

Covesia.com – Untuk mengenang 17 korban meninggal akibat serangan kelompok fanatik yang mengatasnamakan Islam tersebut, sekitar 25,000 orang berpawai sebagai ungkapan solidaritas untuk Paris, pada Minggu (11/1/2015) di kota Montreal, Kanada.

Walikota Montreal, Denis Coderre, dan sejumlah pejabat dari Quebec bergabung dengan konsul jenderal Prancis, Bruno Clerc, memimpin arak-arakan panjang sambil melambaikan bendera Kanada, Prancis, dan Quebec, serta mengusung spanduk bertuliskan “Je Suis Charlie”.

Pawai tenang itu meninggalkan Place de Art di tengah kota Montreal menuju ke Konsulat Jenderal Prancis, dimana kerumunan orang itu kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Prancis sebanyak dua kali.

Sekitar 2.000 orang juga berpawai di kota Quebec, dipimpin oleh perdana menteri Philippe Couillard, yang berjalan dari depan gedung parlemen menuju konsulat jenderal Prancis. Pawai juga berlangsung di seluruh penjuru Kanada yaitu di kota-kota Vancouver, Toronto dan Ottawa.

Pada Sabtu (10/1/2015), sekitar 20.000 orang terpaku diam ketika lagu kebangsaan Prancis dikumandangkan menjelang pertandingan NHL antara tim Montreal dan Pittsburgh Penguin. Lapisan es yang terhampar luas diterangi cahaya warna-warni merah, putih dan biru, menyerupai bendera Prancis yang mengapung. (ant/uji)

0 Comments

Leave a Comment

19 − 12 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password