Dua Kecamatan di Langkat Sumatera Utara Terancam Longsor

Covesia.com – Dua kecamatan di Kabupaten Langkat Sumatera Utara terancam longsor akibat tingginya curah hujan di daerah tersebut. Dua kecamatan tersebut adalah Kutambaru dan Salapai yang berada di kawasan pegunungan.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat Noto Atmojo, terdapat tiga titik daerah rawan longsor yang terdapat di desa Kutambarau tersebut.

“Seperti di titik ketiga, sudah ada longsor yang mencapai panjang 16 meter dengan kedalaman mencapai 17, 5 meter dan sudah memakan badan jalan hingga dua meter,” katanya, Senin (12/1/2015).

Sementara untuk dua titik lainnya, sekarang ini sudah dilakukan perbaikan oleh Dinas Pekerjaan Umum setempat, dengan memasang bronjong baja agar tidak terjadi lagi longsor susulan.

Dia juga menjelaskan Desa Ujung Teran Kecamatan Salapian, juga merupakan kawasan rawan longsor yang terus menjadi perhatian instansinya. Di sini ada beberapa ruas jalan juga yang rawan, untuk menjadi perhatian, terutama untuk mengangkut hasil bumi dari warga seperti padi, karet, palawija dan sawit.

“Ada satu dusun yang memerlukan perhatian serius untuk penanganannya,” katanya.

Ia menyebutkan instansinya saat ini sudah berupaya melakukan pengamanan di kawasan itu agar tidak ada korban jiwa ketika melintas maupun melakukan aktivitas di kawasan itu. (ant/utr)

0 Comments

Leave a Comment

three × 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password