Arief Hidayat, Ketua MK Terpilih Periode 2015-2017

Covesia.com – Musyawarah yang digelar di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (12/1/2015) menyatakan, Arief Hidayat, yang menjabat sebagai hakim konstitusi sejak 2013, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi untuk periode 2015 hingga 2017 mendatang.

Arief terpilih untuk menggantikan Hamdan Zoelva yang masa jabatannya telah berakhir sejak Rabu (7/1/2015). Sementara itu, tiga nama hakim konstitusi yang dicalonkan untuk menjabat sebagai Wakil Ketua adalah; Patrialis AKbar, Aswanto, dan Anwar Usman.

Sesuai dengan Pasal 4 UU No.8 Tahun 2011 tentang Perubahan UU No.24 Tahun 2003 tentang MK, maka pemilihan ketua MK dipilih dari dan oleh para hakim konstitusi yang dimusyawarahkan secara tertutup oleh sembilan hakim konstitusi, yang masing-masing memiliki hak untuk mencalonkan dan dicalonkan sebagai ketua MK.

Adapun sembilan orang hakim konstitusi tersebut adalah Anwar Usman, Arief Hidayat, Aswanto, Maria Farida Indrati, Muhammad Alim, Patrialis Akbar, Waiduddin Adams, I Dewa Gede Palguna, dan Suhartoyo.

Dalam prosesnya, pemilihan Ketua MK dilakukan paling sedikit oleh tujuh hakim konstitusi. Namun, bila musyawarah tidak mencapai kesepakatan bulat atau aklamasi, maka keputusan pemilihan Ketua MK akan dilakukan secara voting berdasarkan suara terbanyak dalam Rapat Pleno terbuka. (ant/uji)

0 Comments

Leave a Comment

3 × 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password