Cadangan Devisa Qatar Capai Rekor Tertinggi

Covesia.com – Qatar National Bank mengungkapkan cadangan devisa Qatar mencapai rekor tertinggi selama ini, yakni sebesar 46,5 miliar USD atau 39 miliar euro pada November lalu. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat meskipun harga minyak turun.

Angka terbaru adalah menanjak naik hampir tujuh miliar USD pada tingkat rekor cadangan devisa oleh negara Teluk yang kaya energi itu, pada saat yang sama pada 2013.

Dalam pantauan bulanannya, bank komersial terbesar emirat itu mengatakan pihaknya memperkirakan rekor baru akan pecah pada 2015 karena perekonomian Qatar akan menguat selama 12 bulan ke depan menyusul diversifikasi menjauh dari sektor energi.

“Pertumbuhan diperkirakan akan mempercepat lebih lanjut pada 2015 seiring pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur besar dan gelombang besar ekspatriat terus mendorong pertumbuhan dua digit di sektor-sektor non-hidrokarbon,” papar QNB.

Laporan ini juga mencatat bahwa penduduk Qatar tumbuh sebesar lebih dari sembilan persen pada 2013, mencapai 2,24 juta.

QNB menyebutkan, pertumbuhan telah didukung dengan jumlah proyek infrastruktur yang sedang dilakukan untuk persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola 2022. (ant/peb)

0 Comments

Leave a Comment

nine − seven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password