Ditelpon Rektor, Mahasiswa Kehilangan 1,6 Juta

Covesia.com – Setelah ditelepon orang tak dikenal yang mengaku sebagai rektor Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Sugesti Yoan Ahmad Yani (18), mahasiswa perguruan tinggi tersebut kehilangan uang sebesar 1,6 juta rupiah.

Yoan dalam laporannya di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polrestabes Semarang, Senin (12/1/2015) mengatakan, modus penipuan yang dialaminya itu berupa janji untuk mengikuti seminar oleh Direktorat Pendidikan Tinggi.

“Ditelepon seseorang, memperkenalkan diri sebagai pak rektor,” ujarnya.

Rektor gadungan tersebut memberi informasi tentang adanya pelaksanaan seminar pada 17 hingga 18 Januari di Jakarta. Dalam perbincangannya, korban mendapat tawaran untuk menemani sang “rektor” dalam seminar dan ada uang 5 juta rupiah bantuan dari dikti.

Atas perintah pelaku, korban kemudian bergegas ke ATM untuk mengecek kebenaran kiriman uang yang dijanjikan tersebut. Namun, ketika dicek, tidak ada transaksi uang masuk ke rekeningnya.

Korban kemudian kembali mendapat telepon dari sang “rektor” yang memintanya untuk mengirim uang 1,6 juta rupiah sebagai akomodasi seminar tersebut. Perintah itu langsung diikuti korban dengan mengirim uang ke rekening yang dimaksud.

Usai mengirim uang, korban kemudian mengonfirmasi rencana pelaksanaan seminar ke rektorat Unnes. Yoan terkejut karena ternyata tidak pernah ada rencana pelaksanaan seminar. Merasa ditipu, korban kemudian melapor ke polisi. (ant/uji)

0 Comments

Leave a Comment

two × 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password