Belasan Hektare Sawah di Pasaman Diserang Hama Tikus

Covesia.com – Belasan hektare sawah petani di Padangsarai, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumbar diserang hama tikus. Petani meminta kepada pemerintah setempat untuk membantu mencarikan solusinya.

Tanaman padi masyarakat diperkirakan baru berumur 2 bulan. Kalau ini berlaurut-larut petani bisa gagal panen akibat serangan hama tikus.

Pantauan covesia.com, Senin (12/1/2015) di lapangan menunjukkan, areal persawahan petani di Padangsarai, Airmanggis, terlihat gersang memerah padahal areal persawahan tidak kekurangan air. Kemudian, padi yang baru berbuah juga tidak luput dari serangan hama tikus.

Salah seorang petani, Siri (75) ketika dikonfirmasi mengatakan, sawahnya seluas 2 hektar sudah rusak digerogoti hama tikus. Ia tidak tahu berbuat apalagi, hama tikus terus semakin mengganas. “Saya memperkirakan padi ini sudah tidak bisa berbuah lagi, bisa gagal panen ini,” ujarnya.

Menurutnya, hama tikus mulai mewabah sejak tiga bulan belakangan. Pada panen sebelumnya sawahnya tidak diserang hama tikus. “Kita berharap persoalan itu dapat disikapi pemerintah daerah dan menjadikan penanggulangannya,” ujarnya.

Sementara itu Izul (49), warga Kampung Baru, juga mengalami nasib yang sama, sawahnya sudah digerogoti hama. Ia juga tidak bisa panen lagi musim sawah kali ini. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

19 − fourteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password