Jalan Rusak, Masyarakat Pasbar Surati Perusahaan Perkebunan Sawit

Covesia.com – Jalan Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar rusak berat akibat dilalui oleh truk jenis fuso pembawa buah sawit. Masyarakat setempat meminta kepada pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk memperbaikinya, namun sampai saat ini tidak diindahkan.

Jalan kabupaten yang rusak parah tersebut terdapat di Kecamatan Kinali, tepatnya jalan yang menghubungkan Durian Kilangan menuju Jorong Sidodadi.

Diperkirakan sepanjang 8 meter lebih jalan tersebut dalam kondisi hancur. Setiap hari jalan itu dilalui oleh truk jenis fuso yang membawa buah kelapa sawit milik PT. Lintas Internusa (LIN).

Ketua LSM Forum Peduli Insan Nagari Kabupaten Pasaman Barat, Jasmir Sikumbang kepada covesia.com, Selasa (13/1/2015) mengatakan jalan yang hancur itu adalah jalan kabupaten yang dibangun dengan uang masyarakat dan diperuntukkan bagi masyarakat sendiri bukan investor.

“Boleh saja investor memanfaatkan jalan tersebut asal saja mereka mau merawat jalan itu. Bila investor tidak mau merawat dan melestarikan jalan itu sebaiknya pemerintah daerah mencabut saja izin tempuh atau melewati bagi perusahaan tersebut dan buat saja jalan sendiri,” tegas Jasmir Sikumbang.

Masyarakat, kepala jorong dan di ketahui Wali Nagari telah menyurati PT. LIN untuk melakukan pengaspalan atau perawatan jalan yang rusak tersebut. Namun hingga saat ini tidak ada reaksi dari PT. LIN itu sendiri.

“Kita minta kepada Dinas Perhubungan Pasaman Barat agar membuat plang merek spesifikasi jalan, apakah jalan tersebut layak ditempuh oleh truk jenis fuso. Karena saat ini truk jenis fuso sudah berkeliaran masuk kampung melalui jalan tersebut yang seharusnya tidak boleh dilewati oleh truk fuso,” ujarnya.

Hal ini perlu dilakukan pemerintah daerah agar kelestarian jalan terjaga. Sebab biaya perawatan jalan sangat mahal. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

thirteen − ten =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password