Revitalisasi Ruang Publik, Bandung Akan Bangun ‘Gasmin’

Covesia.com – Sebagai realisasi revitalisasi ruang publik di kawasan Antapani, pemerintah kota Bandung berencana membangun kawasan Gasibu Mini atau Gasmin di kawasan tersebut.

“Gasibu Mini itu terdiri dari masjid sebagai tempat ibadah, sekolah, kantor sekretariat serta tempat resepsi pernikahan dan area untuk olahraga,” ujar Her Pratama, arsitek yang merancang Gasibu Mini di Bandung, Selasa (13/1/2015).

Alun-alun Gasmin itu dirancang untuk bisa mengintegrasikan empat atau lebih kegiatan di satu ruang terbuka.

“Pertama menjadikan masjid dan minaret sebagai orientasi. Kemudian membagi ruang-ruang terbuka menjadi beberapa zona yang bisa dimanfaatkan oleh publik,” ujarnya.

Namun, banyak permasalahan yang dihadapi, seperti kegiatan yang tidak saling mendukung, parkir yang semrawut, dan pedagang kaki lima yang menyerobot. Hal itu terjadi di ruang publik lainnya.

“Contoh kegiatan yang tidak saling mendukung seperti ketika di hari minggu ada masyarakat yang olahraga, bersamaan dengan itu ada acara pernikahan, parkir penuh dan PKL penuh sesak,” ujarnya lagi.

Selain membangun Gasibu Mini, pihaknya juga akan melakukan manajemen pengelolaan yang efektif dengan pengawasan oleh penjaga taman atau di Kota Bandung biasa disebut “Rangger.” (ant/uji)

0 Comments

Leave a Comment

one × 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password