Rapat Pleno Komisi III DPR RI Putuskan Persetujuan Calon Kapolri

Covesia.com – Proses persetujuan calon Kepala Kepolisian RI Budi Gunawan bakal diputuskan pada rapat Pleno Komisi III DPR RI Siang ini, Selasa, (13/1). Termasuk rencana kunjungan Komisi III DPR RI ke kediaman Budi Gunawan dalam rangkaian proses tersebut.

Proses ini terbilang cepat agar pada 15 Januari mendatang sudah didapatkan Kapolri baru.”Kami pleno pada pukul 14.00 WIB hari ini untuk menentukan apakah bisa disetujui agenda uji kelayakan dan kepatutan mulai hari ini,” kata Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin di Gedung Nusantara III, Jakarta.

Lebih lanjut, Aziz, diharapkan dalam rapat paripurna tanggal 15 Januari mendatang sudah ada hasilnya diterima atau dikembalikan, disamping juga membahas mengenai surat Presiden Joko Widodo tentang pemberhentian dan pengangkatan Kapolri dalam Rapat Badan Musyawarah DPR RI.

“Berdasarkan UU, DPR memiliki waktu 20 hari untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan serta mendapatkan Kapolri baru,”sebutnya.

Diketahui sebelumnya, Komisi III DPR RI akan mengadakan Rapat Pleno Komisi terkait pemilihan calon Kepala Kepolisian RI pada tanggal 19 Januari 2015. Dalam rapat pleno Komisi III diputuskan beberapa agenda, salah satunya tentang Kapolri. Ada usulan dari anggota dan disepakati bahwa pleno pada 19 Januari 2015.

Presiden Joko Widodo pada Jumat lalu telah mengirimkan surat bernomor R-01/Pres/01/2015 kepada Ketua DPR-RI perihal Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Dalam surat tersebut, Presiden Jokowi memandang Komjen (Pol) Budi Gunawan mampu dan cakap, serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

(ant/aan/lif)

0 Comments

Leave a Comment

1 × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password