Nilai Tukar Rupiah Selasa Sore Bergerak Melemah

Covesia.com – Nilai tukar rupiah mulai bergerak melemah menjadi Rp 12.610 sore ini, Selasa (13/01/2015). Sebelumnya nilai tukar rupiah Rp 12.509 per USD dan kemudian turun sebesar 20 poin menjadi Rp 12.610 per USD.

Analis Monex Investindo Futures, Zulfirman Basir mengungkapkan saat ini rupiah masih dibayangi sentimen fundamental global terkait dengan prospek kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve) yang bisa memicu perpindahan dana dari negara-negara berkembang ke negeri Paman Sam itu.

“Presiden Fed of San Fransisco John Williams dan Presiden Fed of Atlanta Dennis Lockhart memberikan isyarat kenaikan suku bunga Amerika Serikat dapat terjadi di pertengahan tahun 2015 mendatang,” jelas Zulfirman, Selasa (13/01/2015).

Zulfilman juga menambahkan, saat ini pelaku pasar sedang menanti data neraca keuangan AS periode bulan Desember yang diperkirakan mengalami surplus.

Meski demikian, Zulfirman Basir mengatakan bahwa pelemahan nilai tukar rupiah masih cenderung tertahan terhadap dolar AS setelah munculnya data kinerja ekspor Tiongkok yang membaik.

Ekspor tahunan Tiongkok naik 9,9 persen di Desember 2014, lebih baik dari prediksi yang sebesar 6,8 persen dan publikasi November yang tumbuh 4,7 persen.

“Kondisi itu dapat meredakan kekhawatiran investor terhadap outlook perekonomian mitra dagang utama Indonesia. Ini mungkin dapat memberikan sentimen positif untuk rupiah sehingga tidak tertekan lebih dalam,” imbuhnya. (ant/peb)

0 Comments

Leave a Comment

13 − 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password