Budi Gunawan Akan Jelaskan Kekayaan Saat Fit and Proper Test

Covesia.com – Komjen Pol Budi Gunawan yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon tunggal Kapolri ke DPR RI, akan menghadiri fit and proper test yang akan dilaksanakan Komisi III DPR RI hari ini, Rabu (14/1/2015). Bahkan, Budi Gunawan akan menjelaskan seluruh harta kekayaannya dihadapan wakil rakyat di Komisi Hukum DPR RI itu.

Sementara itu, Komisi III DPR tetap akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada calon tunggal Kapolri Komjen Budi Gunawan (BG), meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan gratifikasi dan rekening gendut, pada Selasa (13/1/2015).

Hal tersebut tetap dilakukan, sebagaimana yang telah direkomendasikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), melalui surat yang ditandatangani pada 9 Januari 2015.

“Komisi III DPR RI akan tetap melaksanakan fit and proper tes,” kata anggota Komisi III DPR Fraksi PKS, Natsir Djamil.

Dasar Komisi III tetap melanjutkan proses seleksi calon kapolri ini, adalah karena belum ada fakta hukum yang menetapkan jenderal bintang tiga itu terbukti melakukan tindak pidana.

Saat ini Komjen Budi Gunawan belum terbukti menerima hadiah atau janji, pada saat menjabat Kepala Biro Pembinaan Kariar dan Sumber Daya Manusia (Karobinkar SDM) Polri periode 2004-2006.

“Komisi III bukan berarti mengabaikan moralitas, kita justru menghargai apa yang diputuskan Presiden. tersangka belum bisa divonis bahwa dia bersalah,” ucap Natsir.

Fit and proper tes terhadap Budi Gunawan dijadwalkan pada hari ini Rabu (14/1/205), di Ruang Rapat Komisi III DPR. Proses tersebut akan tetap dilakukan terhadap BG karena statusnya masih sebagai tersangka dan belum dilakukan penahanan oleh KPK. (cal)

0 Comments

Leave a Comment

10 + twenty =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password