Dua Lutung Kelahiran Inggris Akan Dilepas di Hutan Malang

Covesia.com – Dua ekor Lutung Jawa yang lahir di Inggris akan dilepaskan ke alam liar di kawasan hutan lindung daerah Malang Selatan. Pelepasan ini dilakukan setelah proses penggabungan kelompok dan sudah bisa beradaptasi bersama lingkungan.

Dua lutung bernama Tambor dan Melon ini dikirim lansung oleh Aspinal Foundation ke Pusat Rehabilitasi Primata Jawa di Batu Malang Jawa Timur.

Hewan jenis primata di Jawa Timur itu dikenal dengan nama latin “Trachypithecus auratus auratus” dan “Trachypithecus auratus mauritius” yang akan direvatriasi untuk program pemulihan populasi di alam.

“Di pusat rehabilitasi, lutung Jawa akan ada proses penggabungan kelompok yang ada di Malang, kemungkinan Oktober 2015 dilepas ke alam,” kata Direktur Aspinal Foundation Indonesia I Made Wedana di Stasiun Bandung saat pengiriman Lutung Jawa ke Malang, Selasa

“Nama dua lutung betina ini Tambor yang berwarna oranye berusia 11 tahun dan Melon warna hitam berusia 10 tahun, dikirim ke Indonesia pada 10 Juli 2014,” katanya

Perjalanan dari Inggris ke Jakarta sekitar 17 jam. Karena itu, diistirahatkan dulu di Patuha, Ciwidey untuk direhabilitasi. Untuk adaptasi alam, saat di Inggris disediakan kandang khusus dalam penyesuaian suhu ruangan yang sama dengan habitatnya.

Makanan seperti daun di Inggris dan di Indonesia juga berbeda. Selama direhabilitasi nanti, pola makanan ini diubah agar lutung itu bisa mengkonsumsi makanan dari hutan.

(ant/zik)

0 Comments

Leave a Comment

3 + nine =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password