Fraksi Demokrat Tak Hadiri ‘Fit Proper Test’ Komjen BG

Covesia.com – Fraksi Demokrat absen saat fit proper test calon Kapolri Tunggal Komjen Budi Gunawan digelar Komisi III DPR, Rabu (14/1). Fraksi Demokrat tetap bersikeras dengan pendiriannya‎ untuk menolak uji kelayakan itu tetap dilaksanakan.

Bahkan sebelumnya, Fraksi Demokrat telah mengajukan nota keberatan agar ‘fit and proper test’ tidak dilanjutkan dan mendesak Jokowi untuk segera menarik keputusannya. Demokrat juga meminta kepada Komisi III untuk menolak uji kelayakan ini dilanjutkan

Penolakan dari Demokrat, menyusul penetapan Komjen BG sebagai tersangka oleh KPK terkait dugaan rekening gendut. Dikomisi III, dari Sembilan Fraksi yang ada, hanya Demokrat yang menolak uji kelayakan tersebut.

Sebelumnya, Komjen Pol Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan rekening tidak wajar penerimaan hadiah atau janji (gratifikasi-red). KPK menjerat calon tunggal yang dipilih Jokowi tersebut dengan Pasal 12 huruf a atau huruf b, Pasal 5 ayat 2 Pasal 11 atau 12 B UU Nomor 31/1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Kapolri Komjen Budi Gunawan sendiri menegaskan bahwa penetapan dirinya sebagai tersangka kasus rekening gendut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, merupakan bentuk pembunuhan karakter dirinya dan institusi Polri.

(aan/zik)

0 Comments

Leave a Comment

19 − 11 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password