Komisi III Akan Hentikan Uji Kelayakan Jika Ada Surat Presiden

Covesia.com – Komisi III DPR RI tetap melanjutkan proses uji kelayakan terhadap calon Kapolri Komjen Budi Gunawan, meski telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Menurut anggota komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo, proses uji kelayakan dapat dihentikan apabila Presiden Joko Widodo telah mengirimkan surat penarikan pencalonan Budi Gunawan dari calon Kapolri.

“Sejak pengumuman, Jokowi tidak membatalkan pencalonan.Jadi proses ini kami anggap terus berjalan,” ujar Bambang disela-sela uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri, Rabu (14/1/2015).

Jika surat sudah dikirim Jokowi, komisi III DPR RI akan menghentikan dan menunggu calon pengganti dikirimkan oleh Presiden.

Dijelaskan Bambang, proses uji kelayakan dan kepatutan tidak ada hubungan dengan status yang menjerat Budi Gunawan. Meski begitu, penilaian terhadap Budi Gunawan tetap ada.

“Dengan status tersangka tentu akan mempengaruhi penilaian subjektif,” tegas Bambang.

KPK mengumumkan status Budi Gunawan sebagai tersangka pada Selasa, (13/1/2015) atas dugaan transaksi mencurigakan pada rekeningnya. KPK menaikkan status kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji yang menjerat Budi dari penyelidikan ke penyidikan. KPK menyelidiki kasus tersebut sejak Juli 2014.

(gus/lif)

0 Comments

Leave a Comment

2 × 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password