Mabes Polri Tidak Tahu Persis Kasus BG

Covesia.com – Mabes Polri tidak mengetahui persis kasus yang menyeret calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan menjadi tersangka.

“Kami nggak tahu apa yang diselidiki KPK. Yang sekarang diproses itu apakah kasus tahun 2010 atau kasus lainnya,” kata Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti, di sela-sela peringatan HUT Satpam Ke-34, di Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Menurut dia, dalam kasus yang pernah dilaporkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) pada 2010, hasil penyelidikan Polri menunjukkan bahwa tidak ada transaksi keuangan yang berasal dari tindakan melanggar hukum dalam rekening Budi Gunawan.

Kendati demikian Polri menyerahkan sepenuhnya kewenangan penyelidikan di tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus yang menyeret Budi sebagai tersangka saat ini.

Polri, dikatakannya, akan menyiapkan bantuan hukum melalui Divisi Hukum Polri untuk membantu Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) itu dalam menghadapi proses hukumnya.

Sementara terkait presiden yang tidak melibatkan Polri dalam pemilihan nama calon kapolri, Wakapolri tidak mempersoalkan. Menurutnya dalam undang-undang yang mengatur pencalonan kapolri, hanya Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang bertugas memberi masukan nama calon kapolri kepada presiden.

“Dalam UU, kan hanya Kompolnas (yang memberi masukan). Tapi kalau Kapolri diminta untuk memberi saran, baru dikasih,” ujarnya.

Hal ini juga diamini oleh Kapolri Jenderal Pol Sutarman. Sutarman menyatakan siap memberikan rekomendasi nama calon kapolri bila presiden memintanya. “Apapun yang diminta presiden, akan kami berikan,” ucapnya. (bim/ant)

0 Comments

Leave a Comment

twenty − fifteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password