Al-Azhar: Kartun Charlie Hebdo Hanya Akan ‘Membangkitkan Kebencian’

Covesia.com – Pusat pembelajaran Islam Sunni paling bergengsi di Kairo, Al-Azhar, mengatakan bahwa kartun-kartun baru yang diterbitkan oleh mejalah mingguan Charlie Hebdo hanya akan “membangkitkan kebencian.”

Al-Azhar merupakan salah satu kelompok Muslim pertama yang mengutuk serangan di kantor Charlie Hebdo oleh kelompok Muslim bersenjata yang menewaskan 12 orang, termasuk lima kartunis beberapa waktu lalu.

“Kartun tersebut tidak mendukung hidup berdampingan secara damai antara masyarakat dan menghalangi integrasi Muslim ke dalam masyarakat Eropa dan Barat,” ujar badan pusat penelitian Islam di Kairo.

Edisi terbaru majalah Charlie Hebdo, Rabu (14/1/2015) menerbitkan kartun Nabi Muhammad SAW dan mengolok-olok orang Islam bersenjata yang membunuh banyak stafnya pekan lalu.

Sementara itu, otoritas Islam yang disponsori negara Mesir, Dar al-Ifta, mengatakan, “tindakan majalah Charlie Hebdo merupakan provokasi yang tidak bisa dibenarkan terhadap perasaan 1,5 miliar Muslim.”

“Edisi (majalah) ini akan menghasilkan kebencian baru di masyarakat Prancis dan Barat. Apa yang majalah itu lakukan tidak mendukung koeksistensi dan cita-cita untuk dialog budaya Muslim.” (ant/uji)

0 Comments

Leave a Comment

19 − 8 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password