Mantan Presiden Sri Lanka Dituntut Kasus Korupsi

Covesia.com – Juru bicara partai oposisi Sri Lanka, Partai Marxis, mengungkap pihaknya telah menyiapkan tuntutan korupsi kepada mantan presiden Mahinda Rajapaksa. Dijelaskan pihaknya telah meminta badan antikorupsi untuk mencegah Mahindra Rajapaksa beserta keluarganya melakukan perjalanan ke luar negeri.

Barisan Kemerdekaan Rakyat (JVP) juga telah mengajukan pengaduan atas Rajapaksa, dua saudara kandungnya Basil dan Gotabhaya Rajapaksa, serta legislator yang juga anak Mahinda Rajapaksa, Namal Rajapaksa.

“Tujuan utama tuntutan kami adalah untuk memastikan keluarga Rajapaksa dibawa ke depan pengadilan dan mencegah mereka ke luar negeri demi keadilan,” ujar pengacara JVP, Sunil Handunetti, Rabu (14/01/2015).

Basil Rajapakse merupakan mantan menteri pembangunan ekonomi dan penyelenggara negara, sementara Gotabhaya Rajapakse merupakan mantan Sekretaris Pertahanan Sri Lanka pada masa pemerintahan Mahinda Rajapaksa, sebelum diturunkan dari jabatannya setelah pemilihan presiden minggu lalu.

Pemilihan presiden yang baru dilakukan tersebut terselenggara dalam kuatnya isu untuk melawan penyalahgunaan dana publik dan nepotisme oleh Rajapaksa dan keluarga, yang disinyalir mengumpulkan uang dalam jumlah sangat besar selama 10 tahun kepemimpinannya.

Sebelumnya pada Selasa (13/01/2015), Rajapakse telah mengatakan bahwa dirinya tidak akan melarikan diri dari Sri Lanka dan menolak tuduhan percobaan kudeta untuk merebut kembali kekuasaan setelah dia kalah dalam pemilihan presiden. (ant/peb)

0 Comments

Leave a Comment

8 + five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password