Wabah Ebola di Liberia Berakhir Juni 2015

Covesia.com – Para peneliti mengatakan, Liberia yang tengah dilanda wabah Ebola paling mematikan di dunia tersebut, mampu mengakhiri wabah itu pada Juni 2015, jika 85 persen penderita mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Kasus tersebut mulai menurun dalam beberapa pekan terakhir, dan beberapa sekolah dijadwalkan akan dibuka kembali bulan depan setelah ditutup pada Juli 2014 lalu, saat bangsa itu tengah bergulat melawan wabah tersebut.

Jika kecenderungan pengobatan rawat inap dan layanan pencegahan dilanjutkan, para peneliti di University of Georgia dan Pennsylvania State University mengatakan bahwa, akhir penderitaan akibat wabah mematikan itu akan segera terlihat.

Model yang mereka uraikan dalam jurnal PLOS Biology mencakup beberapa faktor seperti lokasi infeksi dan pengobatan, pengembangan kapasitas rumah sakit dan penerapan praktik penguburan yang aman.

Jika 85 persen tingkat rawat inap bisa dipertahankan, wabah tersebut sebagian besar dapat diatasi pada Juni 2015, ungkap pemimpin penulis John Drake, seorang profesor di University of Georgia Odum School of Ecology.

Drake mengatakan, “itu adalah kemungkinan realistis namun bukan sebuah kesimpulan. Yang dibutuhkan adalah mempertahankan tingkat kewaspadaan saat ini dan menekannya sebisa mungkin.” (ant/uji)

0 Comments

Leave a Comment

twelve − 5 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password