KPU Harapkan DPR Segera Sahkan Perppu Pilkada

Covesia.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik mengharapkan DPR segera mengesahkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota (Perppu Pilkada).

“Kami menginginkan agar Perppu Nomor 1 segera ditetapkan. Jadi bisa segera menetapkan Peraturan KPU,” kata Husni dalam Rapat Koordinasi dengan KPU Provinsi se-Indonesia di Gedung KPU Pusat, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Menurut Husni, rancangan Peraturan KPU telah dikirimkan ke DPR dan pemerintah sembari menanti pengesahan Perppu Pilkada. “Tiga rancangan peraturan KPU telah dikirim ke DPR dan pemerintah. Harapannya dapat dirapatkan dan segera disahkan,” kata dia.

Ia mengatakan KPU menjadwalkan semua tahapan pencalonan gubernur selesai pada 3 Maret 2015, sosialisasi dimulai dari tanggal 26 Januari hingga 25 Februari sehingga Peraturan KPU tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota harus disahkan sebelum 26 Januari 2015.

Dalam merancang peraturan tersebut, ujar dia, KPU telah melakukan koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta konsultasi publik dengan partai politik, LSM, dan pengamat. KPU, juga telah memberi kesempatan kepada gubernur, bupati, dan walikota serta masyarakat untuk berkontribusi memberikan tanggapannya atas rancangan peraturan tersebut.

Tiga rancangan Peraturan KPU tersebut adalah Peraturan KPU tentang tahapan, program, jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur, bupati dan walikota, Peraturan KPU tentang pencalonan pemilihan gubernur, bupati, dan walikota, serta Peraturan KPU tentang pemutakhiran data dan daftar pemilih dalam pemilihan gubernur, bupati, dan walikota.

Peraturan KPU akan digunakan untuk menjalankan pemilihan gubernur, bupati, dan walikota di 204 daerah yang akan dilangsungkan pada 16 Desember 2015. (bim/ant)

0 Comments

Leave a Comment

five × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password