Endang Wihdatiningtyas Dilantik Jadi Anggota DKPP

Covesia.com – Anggota Bawaslu RI, Endang Wihdatiningtyas diambil sumpah dan janjinya sebagai anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) oleh Ketua DKPP, Jimly Asshiddiqie, di ruang sidang DKPP lantai 5 gedung Bawaslu RI, Rabu (14/1/2015).

Wanita asal Kota Gudeg ini menggantikan Nelson Simanjuntak dalam sisa masa tugas tahun 2012 – 2017. Pengambilan sumpah Endang ini sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No : 150/P Tahun 2014 yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta tanggal 31 Desember 2014.

“Terima kasih atas bakti saudara Nelson Simanjuntak dan selamat datang kepada saudari Endang Wihdatiningtyas”, sambut Jimly Asshiddiqie.

Sebagaimana diketahui anggota DKPP terdiri dari unsur Bawaslu, KPU dan tokoh masyarakat. Terkait unsur keanggotaannya, anggota DKPP terdiri dari 7 (tujuh) orang, yakni 1 (satu) orang dari unsur Bawaslu, 1 (satu) orang dari unsur KPU, dan 5 (lima) orang dari unsur tokoh masyarakat. 5 (lima) orang dari unsur tokoh masyarakat itu, 3 (tiga) orang diajukan oleh DPR, dan 2 (dua) orang diajukan oleh Pemerintah.

Dalam sumpahnya, Endang menyatakan akan memenuhi tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.

Dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil, dan cermat, demi suksesnya Pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD; Pemilu Presiden dan Wakil Presiden; pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota; tegaknya demokrasi dan keadilan, serta mengutamakan kepentingan NKRI daripada kepentingan pribadi atau golongan.

“DKPP hanya mengawal dalam urusan kode etik penyelenggara Pemilu,” tegas Jimly dalam sambutannya. Selanjutnya dia berharap dengan kehadiran Endang Wihdatiningtyas sebagai anggota DKPP dapat mensukseskan Pemilu Gubernur, Bupati dan Walikota yang akan datang.

Jimly juga menjelaskan meskipun secara teknis DKPP tidak ikut dalam penyelenggaraan Pemilu, namun DKPP terlibat dalam satu-kesatuan tiga lembaga dalam mekanisme Pemilu di Indonesia.

Pengambilan sumpah tersebut disaksikan oleh komisioner Bawaslu RI, Muhammad, Nelson Simanjuntak, Daniel Zuchron, Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro beserta pejabat struktural di lingkungan Bawaslu RI dan DKPP, Komisioner KPU RI Husni Kamil Manik, Ida Budhiati, Sigit Pamungkas dan sejumlah undangan lainnya dari Kementerian Dalam Negeri. (bim)

0 Comments

Leave a Comment

eighteen − 12 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password