65 Persen Rekomendasi KPK Mengenai Tata Kelola TKI Sudah Dilaksanakan

Covesia.com – Setelah inspeksi mendadak (sidak) pada Juli 2014 lalu, pembenahan tata kelola tenaga kerja Indonesia (TKI) sudah dilaksanakan pemerintah. Bahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama instansi terkait melakukan evaluasi rencana aksi (renaksi) terhadap pembenahan tata kelola TKI.

“Sekitar 65 persen rekomendasi KPK mengenai tata kelola TKI sudah dilaksanakan oleh kementerian dan lembaga pemerintah,” kata Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono kepada awak media di gedung KPK, Rabu (14/1/2015). Giri didampingi oleh Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid dan Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Muhammad Iqbal.

Dikatakan Giri, setelah sidak 25-26 Juli 2014, KPK melahirkan 42 renaksi (rencana aksi). Salah satunya penutupan Terminal TKI di Selatpanjang. Namun masih perlu beberapa permasalahan yang menjadi pekerjaan rumah untuk segera diselesaikan untuk menyempurnakan pembenahan tata kelola TKI. “Negara memiliki kewajiban untuk melindungi para TKI,” katanya.

Sementara itu, Kepala BNP2TKI Nusron Wahid mengakui masih banyak hal yang dilakukan untuk penyelesaian dan pembenahan pengelolaan TKI. Diantaranya, masih tingginya beban biaya yang ditanggung TKI; memperkuat fungsi perlindungan di semua kelembagaan dan tingginya angka human tarfficking.

“Tingginya biaya yang ditanggung TKI tentu dampaknya berpengaruh pada kesejahteraan. Setelah itu, masalah perlindungan harus diberikan sebelum TKI terjerat masalah hukum. Termasuk masalah human trafficking yang dilakukan melalui pintu-pintu laut di Nunukan, Batam, Dumai, Tanjung Pinang dan Tanjung Balai,” kata Nusron.

Direktur Perlindungan WNI menambahkan Kemenlu menangani 15 ribu WNI yang bermasalah di luar negeri selama 2014. Jumlah tersebut sangat tinggi sehingga perlu penyelesaian secara komprehensif. “Jumlah itu belum termasuk deportasi sekitar 46 ribu orang,” tukasnya.

(hat/zik)

0 Comments

Leave a Comment

19 + 17 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password