Menteri Keuangan Setujui PMK Baru

Covesia.com – Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 268/PMK.05/2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Anggaran Dana Operasional Menteri/Pimpinan Lembaga yang baru telah disetujui Menteri Keuangan Sumantri Brodjonegoro.

Melalui PMK Nomor 268/PMK.05/2014 ini, Menteri Keuangan sekaligus mencabut dan menyatakan tidak berlaku PMK No. 03/PMK.06/2006 tentang Dana Operasional Menteri/Pejabat Setingkat Menteri.

Penggunaan dana operasional dilaksanakan secara fleksibel dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran serta prinsip efektif dan efisien sesuai bunyi Pasal 2 Ayat (1) PMK itu, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu.

PMK tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 92 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara,

Dalam PMK itu disebutkan, dana operasional Menteri/Pimpinan Lembaga yang selanjutnya disebut dengan dana operasional adalah dana yang disediakan bagi Menteri/Pimpinan Lembaga untuk menunjang kegiatan yang bersifat strategis dan khusus.

Menurut PMK ini, penggunaan dana operasional untuk Menteri/Pimpinan Lembaga didasarkan atas pertimbangan diskresi Menteri/Pimpinan Lembaga.

Adapun ketentuan penggunan dana operasional adalah sebesar 80 persen diberikan secara lumsum (uang yang dibayarkan sekaligus untuk semua biaya seperti transport, uang makan, dsb) kepada Menteri/Pimpinan Lembaga. Sedangkan sebesar 20 persen untuk dukungan operasional lainnya.

(ant/zik)

0 Comments

Leave a Comment

two × two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password