KNKT: Suara Percakapan Pilot dan Kopilot Jernih

Covesia.com – Tim investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis bahwa kondisi flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR) yang berhasil diangkat masih dalam kondisi bagus.

Saat ini tim investigasi tidak menemukan kesulitan dalam mendengarkan hasil percakapan antara pilot dan kopilot dari piranti itu.

Ketua Subkomite Penelitian Kecelakaan Transportasi Udara, Masruri mengatakan tim investigasi saat ini sudah selesai mengunduh FDR.

Di FDR ditemui data posisi terakhir pesawat AirAsia dalam 2 jam 4 menit dengan hasil masih dalam bentuk bilangan biner.

KNTK dalam hal ini juga akan dibantu oleh BEA (KNKT Prancis) untuk menerjemahkan dalam bentuk tabel dan grafis. “Kemungkinan dua minggu grafisnya bakal selesai dibuat,” sebut Masruri.

Saat ini, lanjut Masruri, CVR dan FDR masih berada di ruang laboratorium berukuran 7 x 7 meter yang dilengkapi dengan delapan komputer. Melalui hasil yang didapat dari FDR dan CVR, tim tengah melakukan validasi data, atau pencocokan percakapan antara pilot, kopilot, kru, dan air traffic controller (ATC).

“Sinkronisasi data ini membutuhkan waktu lama. pasalnya, data dari kotak hitam dan rekaman di ATC harus dicocokkan,”ulasnya.

(aan/lif)

0 Comments

Leave a Comment

seventeen − two =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password