Komnas HAM Kecewa Tak Dilibatkan Dalam Pemilihan Kapolri

Covesia.com – Ketua Komnas HAM Hafidz Abas menegaskan bahwa Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sangat menyesalkan sikap pemerintah dan Kompolnas yang tidak melibatkan Komnas HAM dalam pencalonan Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri.

“Komnas HAM menyesalkan tidak diminta pandangan terkait Calon Kapolri. Hal ini jelas menyimpang dari praktik yang selama ini telah terbangun dan dilaksanakan,” ujar Hafid Abbas Ketua Komnas HAM kepada covesia, Kamis (15/1/2015).

Menurut Hafid, untuk tahun ini Komnas HAM tidak mendapat permintaan dari Kompolnas untuk memberi masukan terkait calon Kapolri. “Tradisi sebelumnya selalu dimintai masukan. Terkait Budi Gunawan, Komnas HAM tidak dimintai masukan,” kata Hafid.

Padahal, tambah Hafid, institusi Polri membutuhkan seorang pimpinan yang bersih dari pelanggaran hak asasi manusia. ” Kapolri merupakan kedudukan yang sangat penting. Itu sebabnya seorang calon Kapolri harus bebas dari pelanggaran HAM,” tandasnya.

Seperti diketahui, meskipun menyandang status tersangka atas kasus dugaan rekening gendut, Komisi III DPR tetap menyetujui Komjen Budi Gunawan menjadi Kapolri.(jon/utr)

0 Comments

Leave a Comment

three × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password