KPK: Kasus Budi Gunawan Dipastikan Lanjut ke Pengadilan

Covesia.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tetap akan melanjutkan proses hukum terhadap Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawan yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan transaksi mencurigakan atau tak wajar dan gratifikasi. Dalam Undang-Undang tentang KPK tak mengenal penghentian terhadap kasus yang sedang disidik.

“KPK tidak pernah melepaskan seseorang yang telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi. Termasuk terhadap tersangka BG (Budi Gunawan),” tegas Ketua KPK Abraham Samad kepada wartawan di kantornya, Kamis (15/1/2015).

Abraham memastikan kasus Budi Gunawan akan dituntaskan meskipun membutuhkan waktu yang lama. Bahkan kasus tersebut akan berlanjut ke persidangan. “Dalam UU KPK tidak dikenal istilah SP3. Jadi, yakinlah kasus BG pasti akan disidangkan,” imbuhnya.

Abraham mengakui KPK terkesan lambat dalam melakukan penahanan terhadap seseorang tersangka kasus korupsi. Sebab, seorang tersangka baru dapat ditahan apabila penyelesaian berkas perkaranya minimal sudah 60 persen. Apalagi KPK memiliki keterbatasan masa tahanan selama 120 hari.

“Kalau belum 60 persen berkas perkaranya selesai dan dilakukan penahanan, kita khawatir tersangka bisa bebas demi hukum. Karena masa tahanan hanya 120 hari. Jadi, kalau berkasnya sudah lebih 60 persen, tersangka pasti ditahan tanpa ragu-ragu,” katanya.

Abraham juga berjanji secepatnya menyelesaikan kasus Budi Gunawan agar tak terjadi kegaduhan di masyarakat maupun instansi tertentu. Namun perkara yang ditangani sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dan aturan hukum. “Tak ada tradisi seseorang yang jadi tersangka tak ditahan,” tukasnya. (hat/bim)

0 Comments

Leave a Comment

twelve + fifteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password