Polda Jambi Siap Esekusi Tiga Terpidana Mati

Covesia.com – Pascapengumuman Kejagung atas hukuman mati yang akan dilakukan terhadap enam terpidana mati, pihak Polda Jambi juga sudah siap untuk melakukan eksekusi terhadap tiga terpidana mati asal Jambi yang grasinya juga ditolak oleh Presiden beberapa waktu lalu.

Kapolda Jambi, Brigjen Pol Bambang Sudarisman, di Jambi Jumat (16/1/2015), mengatakan pihaknya siap saja asal ditunjuk sebagai pelaksana eksekusi terhadap terpidana mati asal Jambi dan Polda Jambi memiliki tim penembak jitu untuk melakukan eksekusi itu.

Permohonan grasi yang diajukan terpidana mati asal Jambi yakni Harun bin Ajis, Sofial bin Azwar, dan Syargawi bin Sanusi, yang telah membunuhan tujuh warga Suku Anak Dalam (SAD) telah ditolak oleh Presiden. Dengan demikian ketiganya sudah bisa dieksekusi.

Namun sejauh ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai proses eksekusi terhadap ketiganya, apakah akan dilakukan di Jambi atau di Nusakambangan tempat ketiganya ditahan saat ini.

Sementara itu pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi sendiri juga masih menunggu salinan putusan grasi terhadap ketiga terpidana mati tersebut.

Sedangkan Kapolda Jambi, Brigjen Pol Bambang Sudarisman, mengatakan pihaknya siap melaksanakan eksekusi jika nantinya memang dilaksanakan di Jambi. Namun pihak Polda juga masih menunggu perkembangan lebih lanjut.

Untuk diketahui, penolakan grasi tersebut dikeluarkan berupa Keppes 32/G 2014, yang berisi penolakan grasi Presiden Joko Widodo untuk tiga terpidana.

Grasi tiga terpidana mati itu sendiri diajukan tahun 2011. Berkas ketiga terpidana itu diajukan dalam berkas terpisah. Syofial bin Azwar dengan register 7MA2011 dan Harun bin Ajis dengan registrasi 8/MA/2011, dan Sargawi bin Sanusi dengan register 9/MA/2011. Tiga terpidana mati tersebut saat ini ditahan di Lapas Nusakambangan. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

19 − 13 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password