48 Tewas Diterjang Banjir di Malawi

Covesia.com – Sedikitnya 48 orang dilaporkan tewas dalam musibah banjir menimpa Malawi. Negara itu bahkan mengerahkan sejumlah helikopter militer dan kapal, Kamis, untuk menyelamatkan para korban banjir yang mengungsi di dataran tinggi.

Kanto berita AFP juga melaporkan, banjir juga menyebabkan100 ribu orang kehilangan tempat tinggal dan sekitar 800 orang berhasil diselamatkan dari lokasi banjir di Nsanje dan Chikwawa (dua distrik di Malawi selatan).

Wakil Presiden Malawi, Saulos Chilima mengatakan, operasi penyelamatan ditunda akibat cuaca buruk selama dua hari sebelumnya dan helikopter mengalami kesulitan untuk mendarat akibat debit air yang tinggi.

“Kami membutuhkan lebih banyak bantuan seperti kapal, helikopter, tenda dan makanan bagi 100 orang yang terkena dampak banjir,” ujarnya.

Nsanje dan Chikwawa merupakan wilayah yang terkena dampak terparah akibat banjir yang melanda separuh dari 28 distrik di negara Afrika tersebut.

“Kami berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan semua warga. Kami ingin memastikan semua orang selamat,” ujar komisaris distrik Chikwawa Alex Mdoko kepada AFP dilansir covesia.com, Jumat (16/1/2015).

Puluhan orang di distrik tersebut dikhawatirkan tewas setelah mereka tersapu banjir.

Namun, verifikasi jumlah warga yang menghilang masih belum dapat dilakukan “hingga kami mendata semua warga dan operasi kami berhasil.” (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

seventeen − 16 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password