BBM Akan Turun, di Pasaman Harga Daging Malah Naik Jadi Rp120 Ribu

Covesia.com – Meskipun pemerintah baru merencanakan akan menurunkan harga Bahan Bakar Umum (BBM) pada awal Februari, namun harga daging sapi di Kabupaten Pasaman, Sumbar justru merangkak naik. Saat ini harga daging sapi di pasar tradisional sudah mencapai Rp120 ribu per kilogram.

Data yang dihimpun covesia.com di pasar tradisional menunjukkan, sebelumnya harga daging sapi berkisar antara Rp.90 ribu sampai Rp.100 ribu perkilogram. Namun kini harga daging sapi mencapai Rp.120 ribu perkilogram. Belum ada tanda-tanda harga daging sapi akan turun di Pasaman.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Pasaman, Asnil mengatakan, pemerintah daerah tidak mempunyai wewenang untuk mengontrol harga daging. Sebab, penetapan harga daging sapi berdasarkan mekanisme pasar.

“Kenaikan harga BBM tidak ada kaitannya dengan kenaikan harga daging di Pasaman. Harga daging itu mahal mungkin karena pasokannya yang sedikit, sementara permintaan tinggi,” ujarnya.

Dijelaskannya, pasokan daging ke Pasaman sangat sedikit jika dibanding di Padang. Untuk harga daging di Padang kata Asnil sudah turun menempati Rp.95 ribu perkilogram. “Padang itu pusat provinsi, mungkin pasokan dagingnya banyak, sehingga harganya lebih murah,” ujarnya. (man/bim)

0 Comments

Leave a Comment

20 − 6 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password